Cara Mencegah Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner


Cara Mencegah Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner
Anda dapat mencegah dan mengendalikan banyak faktor risiko penyakit jantung koroner (PJK) dengan cara perubahan gaya hidup sehat dan obat-obatan. Contoh faktor risiko yang bisa Anda kendalikan diantaranya kolesterol darah tinggi, tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan dan obesitas. Hanya sejumlah faktor risiko - seperti usia, jenis kelamin, dan riwayat keluarga - tidak dapat dikendalikan.

Untuk mengurangi risiko PJK dan serangan jantung, cobalah mengendalikan setiap faktor risiko yang Anda bisa. Kabar baiknya adalah bahwa banyak perubahan gaya hidup membantu mengendalikan beberapa faktor risiko PJK pada saat bersamaan. Misalnya, aktivitas fisik dapat menurunkan tekanan darah Anda, membantu mengendalikan diabetes dan prediabetes, mengurangi stres, dan membantu mengendalikan berat badan Anda.

Perubahan Gaya Hidup Jantung Sehat

Gaya hidup sehat jantung dapat mencegah faktor risiko PJK. Jika Anda sudah menderita PJK, gaya hidup sehat jantung dapat mencegah penyakit tersebut bertambah parah. Perubahan gaya hidup sehat jantung meliputi:
Banyak kebiasaan gaya hidup dimulai semenjak usia kecil. Dengan demikian, orang tua dan keluarga harus mendorong anak mereka untuk membuat pilihan sehat jantung, seperti mengikuti pola makan sehat dan aktif secara fisik. Jadikan mengikuti gaya hidup sehat sebagai pilihan tujuan keluarga. Membuat perubahan gaya hidup bisa jadi sulit. Tetapi jika Anda membuat perubahan ini dalam suatu keluarga, akan lebih mudah bagi semua orang untuk mencegah atau mengendalikan faktor risiko PJK mereka. Untuk tips bagaimana membantu anak-anak Anda menerapkan kebiasaan sehat, baca pula: Cara Meningkatkan Aktivitas dan Nutrisi Anak.

Obat-obatan

Terkadang perubahan gaya hidup tidak cukup untuk mengendalikan kadar kolesterol darah Anda. Misalnya, Anda mungkin memerlukan obat statin untuk mengendalikan atau menurunkan kolesterol Anda. Dengan menurunkan kadar kolesterol Anda, Anda bisa mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung atau stroke. Dokter biasanya memberi resep statin untuk orang-orang yang memiliki:
  • Penyakit jantung koroner, penyakit arteri perifer, atau mengalami stroke sebelumnya
  • Diabetes
  • Kadar kolesterol LDL tinggi
Dokter dapat mendiskusikan pengobatan statin awal dengan mereka yang memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung atau mengalami stroke. Dokter Anda mungkin juga meresepkan obat lain untuk:
  • Menurunkan kesempatan Anda terkena serangan jantung.
  • Menurunkan tekanan darah Anda.
  • Mencegah pembekuan darah, yang bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke.
  • Mencegah atau menunda kebutuhan akan prosedur atau operasi, seperti intervensi koroner perkutan atau pemotongan bypass arteri koroner.
  • Mengurangi beban kerja jantung Anda dan menghilangkan PJK.
Agar cara mencegah faktor risiko penyakit jantung koroner dapat berdampak signifikan, konsumsi obat secara teratur, seperti yang diresepkan oleh dokter Anda. Jangan mengubah jumlah obat Anda atau melewatkan dosis kecuali jika dokter Anda memberi tahu Anda. Anda tetap harus mengikuti pola gaya hidup sehat, sekalipun Anda sementara mengkonsumsi obat-obatan untuk mengobati PJK Anda.