Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Bank BRI, Mandiri, dll


Contoh Lamaran Pekerjaan di Bank – berikut ini kami sajikan kepada para pembaca khususnya bagi para pencari kerja yang ingin mengajukan surat lamaran pekerjaan di perusahaan perbankan seperti di BANK BNI, BRI, BCA, DANAMON, dan lain-lain. Sengaja kami share beberapa contoh lamaran pekerjaan dengan format yang berbeda-beda dengan maksud agar dapat dipilih yang sesuai kemudian menggunakan format tersebut sesuai dengan identitas dan latar belakang pendidikan serta keahlian masing-masing yang dimiliki. 
(Simak Pula: Contoh-Contoh CV dan Surat Lamaran Kerja)



Contoh 1 Surat Lamaran Pekerjaan di Bank Syariah Mandiri

Pada contoh pertama ini adalah contoh lamaran pekerjaan di Bank Syariah Mandiri yang informasi lowongannya diperoleh dari sebuah harian atau surat kabar. Redaksi surat lamaran kerjanya sebagai berikut:


Tenggarong, 27 Februari 2015 
Hal : Lamaran Pekerjaan

Yth. Pimpinan
PT. BANK SYARIAH MANDIRI
Cabang Kutai Kartanegara
Jl. KH. A. Mukhsin No. 31
Tenggarong 75512

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi lowongan kerja di BANK Mandiri Syariah yang dimuat pada harian umum Republika, tanggal 24 Februari 2016, dengan ini saya berminat untuk mengajukan diri untuk menempati posisi Teller (TL) di PT. BANK SYARIAH MANDIRI yang Bapak Ibu pimpin.

Data diri saya sebagai berikut:

Nama                        : Ilham Ramadhan
Tempat, tanggal lahir  : Tenggarong, 29 Maret 1992
Pendidikan terakhir    : S-1 Manajemen, Universitas Gadjah Mada
Alamat                      : Jln. Jend. Gatot Subroto No.55 Tenggarong

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan:
1. Satu lembar daftar riwayat hidup
2. Satu lembar fotokopi ijazah terakhir
3. Satu lembar transkrip nilai
4. Tiga lembar fotokopi sertifikat pendidikan komputer dan bahasa inggris
5. Satu lembar fotokopi KTP
6. Dua lembar pasfoto ukuran 4x6 cm
7. Satu lembar surat pengalaman kerja

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan dengan harapan mendapat perhatian dari Bapak Ibu. Atas perhatian Bapak Ibu, saya mengucapkan terima kasih.


Hormat saya,

Ttd.

Ilham Ramadhan


Contoh 2 Surat Lamaran Pekerjaan di Bank (bentuk narasi)

Pada contoh kedua ini adalah contoh surat lamaran pekerjaan di Bank dengan format atau bentuk narasi. Format seperti ini juga lazim digunakan dalam surat lamaran pekerjaan. Penulisan lamarannya dapat dilihat di bawah ini:


Tasikmalaya, 05 November 2008


Kepada
Yth. HRD BANK SYARIAH MANDIRI
di
Tasikmalaya


Dengan hormat,

Saya sangat mengharapkan adanya kemungkinan kesempatan dapat bekerja pada Bank Syariah Mandiri. Saya percaya pengalaman say, bekerja di PT. HM Sampoerna, Tbk pada Divisi Sales Sampoerna, yaitu PT. Panamas selama 4.5 tahun sebagai Senior Admin, dimana telah menangani berbagai Job Description diantaranya menangani MIS/PIS (Management Information System/Panamas Information System), Back Office Administration (Reconsiliation Inventory, Sales dan Purchase), Program-Pogram Promotion dan marketing Perusahaan, Inventory Gudang Material Promosi, Database Information, serta pernah menangani Administrasi Biaya, semoga dapat menjadi bahan untuk dipertimbangkan..

Saya belum menikah dan memiliki kesehatan yang prima, menyukai tantangan, dan bersedia bekerja keras, pendidikan saya selama masa studi empat tahun jurusan Manajemen di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Strata I dengan indeks prestasi 3,35 (standar 4), memiliki kemampuan untuk mengoperasikan computer Ms. Office (Ms Word dan Ms Excel), mampu berbahasa inggris baik lisan maupun tulisan pada tingkat tingkat Lower Intermediate dan kemampuan TOEFL dengan 473, telah memberikan bekal pengetahuan yang berharga bagi saya untuk melaksanakan pekerjaan yang diperlukan.

Saya sangat berharap Anda berkenan memberikan kesempatan kepada kepada saya untuk melakukan wawancara sesuai dengan waktu yang tersedia.

Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan kepada saya, tidak lupa saya, saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,

(Nurmala Desiani, SE)
Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan:
  1. Foto copy ijazah terakhir S1
  2. Foto copy transkrip akademik
  3. Curriculum Vitae
  4. Foto copy sertifikat computer
  5. Foto copy sertifikat Bahasa Inggris
  6. Foto copy Sertifikat Diklat Perbankan dan Ekspor Impor
  7. Foto copy KTP
  8. Pas Photo ukuran 4 X 6 sebanyak 1 lembar

Contoh 3 Surat Lamaran Pekerjaan di Bank Muamalat

Pada contoh ketiga ini adalah contoh lamaran pekerjaan di Bank dengan format yang hampir sama dengan contoh 2 di atas hanya saja pengajuan lamarannya dengan maksud mengikuti suatu program yang diselenggarakan oleh pihak perusahaan yang esensi juga adalah perekrutan karyawan baru. Contoh surat lamaran pekerjaan yang dimaksud dapat dilihat berikut ini:

Malang, 11 April 2012

Hal : Lamaran Pekerjaan


Kepada Yth
Bagian Personalia
PT. Bank Muamalat Syariah

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Perkenankan saya, Ahmad Soeprapto, umur 24 tahun mengajukan lamaran untuk dapat mengikuti PROGRAM MUAMALAT OFFICER DEVELOPMENT.

Latar belakang pendidikan S1 Akuntansi Universitas Negeri Malang dengan IPK 3.02. Pengalaman Sebagai operator komputer di rental komputer selama hampir 4 tahun menjadikan saya terbiasa untuk bekerja keras. Besar harapan saya untuk dapat berkontribusi di perusahaan ini dan ikut membangun dan maju bersama Bank Muamalat Syariah.

Sebagai bahan pertimbangan, keahlian saya adalah menguasai komputer dengan berbagai macam program seperti paket Microsoft Office, Adobe Photoshop, Corel Draw, mengatasi Troubleshoot, Manajemen dan Administrasi.

Sebagai tambahan informasi saya lampirkan riwayat hidup dan copy identitas diri. Semoga Surat lamaran ini dapat ditindaklanjuti, dan kami sangat mengharapkan informasi selanjutnya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Hormat saya,

 
Ahmad Soeprapto
HP. 0856 5557 1234


Contoh 4 Surat Lamaran Pekerjaan di Bank BNI

Pada contoh keempat ini, lamaran pekerjaan yang akan dajukan mengacu pada informasi lowongan kerja di event busa kerja atau job fair. Contoh lamaran pekerjaannya dapat kami tunjukan di bawah ini:

Bandung, 12 Desember 2015

Kepada Yth.
HRD PT. Bank BNI
Jl. Astana Anyir No.41 - 42
Bandung


Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya terima melalui bursa kerja (job fair) yang diadakan di Land Mark Braga pada tanggal 11-12 November 2015. bersama surat ini saya bermaksud mengajukan lamaran untuk bekerja di PT. Bank BNI Bandung sebagai Customer Service Officer (CSO).

Berikut ini data singkat tentang diri saya:

Nama                     : Denial Aswin
Tempat & tgl. lahir  : Karawang, 31 Januari 1989
Pendidikan Akhir     : Sarjana Public Relation, Universitas Indonesia
Alamat                   : Jl. Pahlawan No.30 Cikutra Bandung
HP, e-mail              : HP. 0821 55555 111. e-mail: denial@gmail.com
Status Perkawinan   : Belum Menikah

Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik, berpenampilan menarik dan mampu membangun komunikasi dengan baik. Saya mampu berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan, dan mampu bekerja menggunakan aplikasi komputer seperti Ms. Office (Excel. Word. Access. PowerPoint, Outlook) dan Internet.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan:
1. Pas foto terbaru.
2. Daftar riwayat hidup.
3. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir.
4. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
5. Foto copy surat pengalaman kerja.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia untuk memberikan kesempatan tes dan wawancara kepada saya, sehingga saya dapat menjelaskan secant lebih rinci tentang potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini, terima kasih atas perhatian Bapak/lbu.

Hormat saya,


Denial Aswin

Contoh 5 Surat Lamaran Pekerjaan di Bank BRI

Pada contoh keempat ini, lamaran pekerjaan yang akan dajukan mengacu pada informasi lowongan kerja di event bursa kerja atau job fair. Contoh lamaran pekerjaannya dapat kami tunjukan di bawah ini:


Yogyakarta, 20 April 2016

Kepada Yth,
HRD Bank Rakyat Indoneia
Cabang Sleman
Jalan Tentara Palagan 18, Sleman
Yogyakarta



Hal : Lamaran Pekerjaan

 
Dengan hormat,

 
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari situs resmi Bank Rakyat Indonesia, bahwa Bank Rakyat Indonesia sedang membutuhkan tenaga kerja untuk menempati posisi Customer Service. Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi yang telah disebutkan di atas.

Sehubungan dengan hal tersebut berikut saya cantumkan data diri saya :
Nama                         :  Dwi Sri Aprilia
Tempat, Tanggal Lahir  : Jakarta, 23 Juni 1993
Jenis Kelamin             :  Perempuan
Alamat                       : Jalan Ringroad Utara, Jombor, Sleman, Yogyakarta
Pendidikan Terakhir     : S1 Manajemen Bisnis
Telepon                      : 081212347812

 
Perlu saya sampaikan juga bahwa saya menguasai Bahasa Inggris serta dapat berkomunikasi dengan baik kepada publik. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa persyaratan yang diminta oleh perusahaan :
1. Pas foto 3x4 berwarna terbaru (2 lembar)
2. Daftar Riwayat Hidup
3. Fotokopi KTP
4. Fotokopi Ijazah S1
5. Fotokopi sertifikat-sertifikat keahlian

 
Demikian lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu HRD berkenan untuk mempertimbangkan saya guna menempati posisi yang telah disebutkan di atas. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,



Dwi Sri Aprilia

Demikan lima contoh surat lamaran pekerjaan di Bank dengan format atau model penulisan yang berbeda-beda. Semoga beberapa contoh lamaran pekerjaan tersebut memudahkan Anda untuk segera mengajukan surat lamaran kerja di perusahaan perbankan.