Contoh Kata Pengantar Tesis

Hakekatnya, contoh kata pengantar tesis termuat dalam setiap panduan penulisan tesis yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan. Berikut ini sekadar contoh kata pengantar tesis di dua lembaga perguruan tinggi. 


Contoh Kata Pengantar TesisBiasanya jarang ditemukan adanya perbedaan kerangka penulisan dan bahkan bisa jadi sama persis. Kami sajikan dua contoh kata pengantar tesis dibawah ini, barangkali dapat dijadikan bahan rujukan atau panduan penulisan kata pengantar yang lebih baik.

Contoh 1 Kata Pengantar Tesis


KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala karunia dan ridho-NYA, sehingga tesis dengan judul “Penggunaan Campuran Kapur (lime) dan Abu Sekam Padi (Rice Husk Ash) Sebagai Bahan Stabilisasi Tanah Gambut Untuk Konstruksi Jalan” ini dapat diselesaikan.

Tesis ini disusun untuk memenuhi salah satu persyaratan memperoleh gelar Magister Teknik (M.T.) dalam bidang keahlian Geoteknik pada program studi Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dengan sumber dana berasal dari dana penelitian dosen pembimbing.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis menyampaikan rasa hormat dan menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada :

  1. Ibu Prof. Ir. Hj. Noor Endah Mochtar, M.Sc., Ph.D. atas bimbingan, arahan dan waktu yang telah diluangkan kepada penulis untuk berdiskusi selama menjadi dosen wali, dosen pembimbing dan perkuliahan serta kesediaannya mengikut sertakan penulis pada seminar Internasional (MICCE 2010) dan kesempatan keliling Indonesia.
  2. Bapak Prof. DR. Ir. Indarto, DEA., Bapak Prof. Ir. H. Indrasurya Budisatria Mochtar, M.sc., Ph.D, Bapak Ir. Soedjanarko Soedirham, M.Eng., yang telah memberikan masukan dan saran pada saat seminar proposal dan seminar hasil tesis.
  3. Ketua program studi Pascasarjana Teknik Sipil Ibu DR. Ir. Ria Asih Aryani Soemitro, M.Eng.,
  4. Seluruh Dosen program Pascasarja Teknik Sipil khususnya dosen Geoteknik yang telah memberikan arahan dan bimbingan untuk mendalami ilmu Geoteknik.
  5. Bapak Ir. Soewarno, M.Eng., selaku Kepala Laboratorium Mekanika Tanah dan Batuan Jurusan Teknik Sipil ITS beserta seluruh staf laboratorium yang telah banyak meluangkan waktu hingga larut malam dan hari libur untuk membantu penelitian ini.
  6. Ayahanda Moh. Tajjib, Ibunda Siti Aisyah, adik adik saya drg. Endang Novianti Widyarini, S.Ked., Pimpi Irdiawan, ST. dan Lely Nur Indah Fitriana serta keponakan saya yang lucu Naila dan paman saya Imam Fausi atas segala dukungan dan doanya.
  7. Istri saya Sutarmi, S.Pd., atas segala motivasi, perhatian dan doa nya serta kesabaran menunggu di rumah selama beberapa waktu. Dan Ananda tercinta Almarhum Moh. Nurul Iman, ayah sayang kamu dan selalu merindukanmu.
  8. Ibu Ir. Lili Pudjiastuti, MT. Dosen D3 Teknik Kimia ITS atas masukan dan bantuannya dalam pengujian kadar organik tanah gambut.
  9. Bapak Dr. Ir. Suminar dan staf Pusat Penelitian ITS yang telah meluangkan waktu dalam membantu menganalisa mineral dengan XRD test.
  10. Bapak Said dan rekan rekan di PT. Petro Kimia Gresik khususnya di Biro Lingkungan dan K3 yang telah memberikan material stabilisasi berupa limbah kapur.
  11. Rekan rekan mahasiswa Geoteknik 2008 : Imam Alwan, Suliman Badawi, Yunaefi, Putu Tantri, Sugiarto, Dewi Amalia, Fuad Harwadi dan rekan program Doctoral Bapak Dwa Desa Warnana, Bapak Muntaha dan rekan Geoteknik 2009 Deni.
  12. Rekan rekan S-2 Teknik Sipil angkatan 2008 khususnya Bapak Budi serta semua rekan rekan bukutangkis di Garuda Club.
  13. Rektor dan semua Civitas akademika Universitas Madura (UNIRA) Pamekasan khususnya teman teman di Fakultas Teknik atas dukungan dan bantuannya.
  14. Kepada semua pihak yang telah membantu yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.
Dengan keterbatasan pengalaman, ilmu maupun pustaka yang ditinjau, penulis menyadari bahwa tesis ini masih banyak kekurangan dan pengembangan lanjut agar benar benar bermanfaat. Oleh sebab itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran agar tesis ini lebih sempurna serta sebagai masukan bagi penulis untuk penelitian dan penulisan karya ilmiah di masa yang akan datang.

Akhir kata, penulis berharap tesis ini memberikan manfaat bagi kita semua terutama untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang ramah lingkungan.


Surabaya, Januari 2015

Yuswanto Adit

 

Contoh 2 Kata Pengantar Tesis                                                

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis Panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala berkat dan kasih karunia-Nya sehingga Tesi s ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya.

Tesis ini ditulis dalam rangka memenuhi syarat untuk mencapai gelar Magister Humaniora pada Program Studi Ilmu Hukum, Sekolah Pascasarjana Univesitas Sumatera Utara, Medan.

Adapun judul proposal penelitian ini adalah: "Analisis Hukum Kontrak Dalam Transaksi E-Commerce di Indonesia". Di dalam menyelesaikan Tesis ini, penulis banyak memperoleh bantuan baik berupa pengajaran, bimbingan dan arahan dari berbagai pihak. Oleh karena itu Penulis menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada yang terhormat para pembimbing : Prof. Dr. Runtung, S.H. M.Hum., Dr. T. Keizerina Devi A., S.H, C.N, M.Hum., dan Dr. Mahmul Siregar, S.H., M.Hum. Dimana di tengah-tengah kesibukannya masih tetap meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan, petunjuk, dan mendorong semangat penulis untuk menyelesaikan penulisan Tesis ini.

Perkenankanlah juga, penulis menyampa ikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelesaian studi ini, kepada:

  1. Rektor Universitas Sumatera Utara, Bapak Prof. Chairuddin P. Lubis DTM&H, SpA(K), atas kesempatan dan fas ilitas yang diberikan kepada penulis untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan.
  2. Dekan Fakultas Hukum Prof. Dr. Runtung, SH, M.Hum, atas kesempatan menjadi mahasiswa Program Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara.
  3. Prof. Dr. H. Bismar Nasution, S.H., M.H. , sebagai Ketua Program studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara.
  4. Prof. Dr. Runtung, S.H. M.Hum , sebagai Pembimbing Utama penulis, yang telah meluangkan waktunya dan dengan penuh perhatian memberikan dorongan, bimbingan, saran kepada penulis.
  5. Dr. Mahmul Siregar, S.H., M.Hum., sebagai Komisi Pembimbing yangtelah meluangkan waktunya dan dengan penuh perhatian memberikan dorongan, bimbingan, saran dan masukan yang sangat penting.
  6. Orang Tua tercinta yang mendidik dengan penuh rasa kasih sayang dan senantiasa memberi semangat dan dorongan kepada penulis.
  7. Kepada Kakak Ritzky S.E., M.A, Abang Khresna Mitra Riza Brahmana S.E., M.Sc dan Adik Rendy, yang Penulis sayangi, atas kesabaran dan pengertiannya serta memberikan Doa dan semangat kepada penulis dalam menyelesaikan Tesis.
  8. Rekan-rekan organisasi saya, Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Medan, Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia , atas masukkan serta memberikan Doa dan semangat kepada penulis dalam penulisan Tesis ini.
  9. Kepada Rekan-rekan mahasiswa pascasarjana, dan rekan-rekan kerja saya yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Akhirnya penulis berharap semoga Tesis ini dapat bermanfaat dan permintaan maaf yang tulus jika seandainya dalam penulisan ini terdapat kekurangan dan kekeliruan, penulis juga menerima kritik dan saran yang bersifat membangun demi menyempurnakan penulisan tesis ini.  

                                                                                  Medan, Maret 2015

                                                                                           Penulis,

                                                                                         REYNALDY

 

Demikian contoh contoh kata pengantar tesis yang dapat admin bagikan pada kesempatan ini. Untuk proposal tesis, kata pengantarnya dapat dilihat pada contoh kata pengantar proposal tesis. Simak juga contoh kata pengantar makalah.

.
.