Contoh Kata Pengantar Proposal Skripsi


Sebelum disusunnya skripsi atau suatu karya ilmiah, perlu diajukan proposal penelitian. Berikut ini, kami berbagi beberapa contoh kata pengantar proposal skripsi. Semoga dapat mempermudah dalam penulisan proposalnya. Tentunya, pegangan utamanya adalah pedoman penulisan proposal yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan atau perguruan tinggi yang bersangkutan. 


Contoh di bawah ini hanya sekadar bahan masukan untuk membantu mahasiswa yang kesulitan dalam membuat kata pengantar.

Contoh 1 Kata Pengantar Proposal Skripsi


KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Allah SWT berkat Rahmat, Hidayah, dan Karunia-Nya kepada kita semua sehingga kami dapat menyelesaikan proposal skripsi dengan judul “PENGENDALIAN MULTI TUBE REACTOR PADA SISTEM SINTESIS METANOL MENGGUNAKAN MODEL PREDICTIVE CONTROL (MPC)”. Laporan proposal skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat untuk mengerjakan skripsi pada program Strata-1 di Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Penulis menyadari dalam penyusunan proposal skripsi ini tidak akan selesai tanpa bantuan dari berbagai pihak. Karena itu pada kesempatan ini kami ingin mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Bapak Prof. Dr. Ir.Tri Widjaja, M.Eng., selaku Ketua Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  2. Bapak Prof. Ir. Renanto, MS., Ph.D., selaku Dosen Pembimbing dan Kepala Laboratorium Perancangan dan Pengendalian Proses, Jurusan Teknik Kimia FTI-ITS, atas bimbingan, saran, dan motivasi yang diberikan.
  3. Bapak Ir. Musfil A.S., M.Eng.Sc, dan Bapak Prof. Dr. Ir. Ali Altway, M.Sc., atas bimbingan, saran, dan motivasi yang diberikan.
  4. Ibu Dr. Widiyastuti, S.T., M.T., selaku Koordinator Tugas Akhir dan Skripsi Jurusan Teknik Kimia FTI – ITS Surabaya.
  5. Segenap Dosen Jurusan Teknik Kimia FTI-ITS Surabaya yang telah memberikan ilmunya kepada penulis.
  6. Kakak-kakak S2 dan Ibu S3 laboratorium perancangan dan pengendalian proses Teknik Kimia atas saran dan bantuannya.
  7. Orang tua, saudara-saudara kami, atas doa, bimbingan, serta kasih sayang yang selalu tercurah selama ini.
  8. Keluarga besar Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), khususnya teman-teman seperjuangan kami di Laboratorium Perancangan dan Pengendalian Proses Jurusan Teknik Kimia FTI-ITS, atas semua dukungan, semangat, serta kerjasamanya.
  9. Seluruh civitas akademika Jurusan Teknik Kimia FTI-ITS yang telah memberikan dukungan moril kepada penulis.
Kami menyadari proposal skripsi ini tidak luput dari berbagai kekurangan. Penulis mengharapkan saran dan kritik demi kesempurnaan dan perbaikannya sehingga akhirnya laporan proposal skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi bidang pendidikan dan penerapan dilapangan serta bisa dikembangkan lagi lebih lanjut. Amiin.

                                                                                Surabaya, Maret 2015

                                                                                         Peneliti


Contoh 2 Kata Pengantar Proposal Skripsi


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami persembahkan kehadirat Tuhan Yang Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya semata sehingga penulis mampu menyelesaikan penyusunan laporan proposal penelitian dengan judul “Hubungan Motivasi Perawat dengan Pelaksanaan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Patria IKKT “.

Penyusunan laporan proposal penelitian ini adalah untuk memenuhi salah satu persyaratan kelulusan pada Universitas Esa Unggul Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Jurusan Ilmu Keperawatan. Penyusunannya dapat terlaksana dengan baik berkat dukungan dari banyak pihak. Untuk itu, pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Bapak Idrus Jus’at Ph.D, Dekan Fakultas Ilmu – ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul, Jakarta.
  2. Ns. Mira Asmirajanti,SKp.M.Kep, Kepala Jurusan Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul Jakarta.
  3. Ns. Dorkas Kristianawati, SKep.M.B iomed, selaku dosen pembimbing
  4. Yana Zahara, SKp,M.Kep, selaku dosen penguji
  5. M. Irhas Said, SKep, MKep, selaku dosen penguji
  6. drg. Moeryono Aladin, S.IP, SH, MM, selaku Kepala Rumah Sakit Patria IKKT
  7. Ibunda dan keluarga tercinta yang selalu memberikan motivasi dan dukungan doa
  8. Suami tercinta yang selalu memberikan motivasi dan dukungan doa
  9. Sahabat terbaikku Santi dan Aan Handoko yang senantiasa meluangkan waktu dan pikiran untuk membantu dalam penyelesaian penyusunan skripsi ini
  10. Teman – teman satu angkatan yang selalu memberikan motivasi, dukungan, semangat, canda dan tawa
  11. Teman – teman RS Patria IKKT khususnya kamar operasi
  12. Semua pihak yang tidak bisa peneliti sebutkan satu – persatu yang telah membantu penulis baik langsung maupun tidak langsung dalam menyelesaikan laporan penelitian ini.
Walaupun demikian, dalam laporan penelitian ini, peneliti menyadari masih belum sempurna. Oleh karena itu, peneliti mengharapkan saran dan kritik demi kesempurnaan penelitian ini. Namun demikian adanya, semoga proposal skripsi ini dapat dijadikan acuan tindak lanjut penelitian selanjutnya dan bermanfaat bagi kita semua terutama bagi ilmu keperawatan.

                                                                                Jakarta, 15 Maret 2015

                                                                                           Peneliti



Demikianlah dua contoh kata pengantar proposal skripsi atau proposal penelitian untuk penyusunan skripsi. Jika penelitiannya telah dilaksanakan, referensi penulisan kata pengantar skripsi dapat dilihat pada contoh kata pengantar skripsi. Sekadar tambahan bacaan, bandingkan dengan contoh kata pengantar makalah.