Contoh Kata Pengantar Buku


Kata Pengantar untuk sebuah buku sangatlah urgen, keterlibatan tokoh atau penulis-penulis yang sudah berpengalaman seringkali digunakan oleh penulis pemula untuk menguatkan urgensi diterbitkannya suatu buku. Berikut ini admin berbagi beberapa contoh kata pengantar buku sebagai bahan pelajaran atau panduan untuk menyusun kata pengantar suatu buku yang akan diterbitkan.

Contoh 1 Kata Pengantar Buku



KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunianya sehingga Buku Panduan Penulisan Thesis Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universaitas Andalas tahun 2010telah dapat diselesaikan. Buku panduan ini merupakan penyempurnaan dari edisi sebelumnya, sebagai pedoman bagi mahasiswa Program Studi MM FE UNAND dalam penulisan thesis serta memberikan petunjuk praktis agar mahasiswa mendapatkan gambaran secara jelas dalam menyelesaikan penulisan tersebut.

Terimakasih disampaikan kepada Prof.Dr.Eddy R. Rasyid (periode 2000-2005) dan Prof.Dr. Herry, SE,MBA (periode 2005-2010) selaku Ketua Program Studi MM FEUA besertasekretaris dan staf. Terimakasih juga disampaikan kepada Dr. Ratni Prima Lita, SE,MM atas kontribusi dalam penyempurnaanbuku ini. Terimakasih kepada Fajri Muharja,SE,MSi,Fajri Adrianto,SE,MBus, Irwan,SE, Sari Dewi Hidayani,SE, Vivi Irawati,Skom,Mkom, Lusi A.Ariyanti,SP yang telah berkontribusi dalam editing serta seluruh staf MM FEUA dan semua pihak yang telah ikut membantu dalam penyelesaian buku ini.

Kami menyadari masih terdapat kekurangan dalam buku ini untuk itu kritik dan saran terhadap penyempurnaan buku ini sangat diharapkan. Semoga buku ini dapat memberi maanfaat bagi mahasiswa MM FEUA khususnya dan bagi semua pihak yang membutuhkan.


Padang, November 2010

Ketua

Dr. Rahmi Fahmy,SE,MBA

Contoh 2 Kata Pengantar Buku

Kata pengantar berikut adalah kata pengantar buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII untuk SMP/MTsN oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014. Karena hanya sekadar contoh, kata pengantar buku tersebut tidak kami tuliskan secara lengkap.

KATA PENGANTAR

Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut.

Bila pada jenjang SD/MI, semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, maka pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata pelajaran.

Sebagai transisi menuju ke pendidikan menengah, pemisahan ini masih belum dilakukan sepenuhnya bagi siswa SMP/MTs. Materi-materi dari bidang-bidang ilmu Fisika, Kimia, Biologi, dan Ilmu Bumi dan Antariksa masih perlu disajikan sebagai suatu kesatuan dalam mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan yang utuh bagi siswa SMP/MTs tentang prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam semesta beserta segenap isinya.

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diberanikan untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Implementasi terbatas pada tahun ajaran 2013/2014 telah mendapat tanggapan yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan semaksimal mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun ajaran 2014/2015 dan seterusnya. Buku ini merupakan edisi kedua sebagai penyempurna dari edisi pertama. Buku ini sangat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan dimasa mendatang. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya.

Atas kontribusi tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).


Jakarta, Januari 2014

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Mohammad Nuh

Contoh 3 Kata Pengantar Buku


KATA PENGANTAR


Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum wa Rahmatullah wa Barakatuh

Kami bersyukur kepada Allah SWT atas selesainya pembuatan buku “Pedoman Penulisan Skripsi” bagi mahasiswa Fakultas Humaniora dan Budaya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang tahun 2011. Shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Pedoman ini, merupakan penjabaran dari Pedoman Pendidikan Fakultas Humaniora dan Budaya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, yang secara spesifik berisi tentang ketentuan dan tata cara penulisan skripsi, baik di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA), di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris (BSI) dan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Tentunya, naskah Pedoman Penulisan Skripsi ini telah dikaji secara mendalam, walaupun tidak lepas dari kekurangan. Kedepan, perlu adanya Pedoman Penulisan Skripsi yang khusus untuk tiap jurusan, terutama jurusan yang mendalami bahasa asing seperti bahasa Arab dan bahasa Inggris, sehingga mahasiswa akan lebih mudah mengaplikasikan isi pedoman dalam proses penulisan skripsi.

Ucapan terima kasih kepada Tim Penyusun dan pihak-pihak yang membantu terselesainya pedoman ini. Semoga amalnya di terima Allah sebagai amal jariyah dan pedoman ini dapat bermanfaat.

Wassalamualaikum wa Rahmatullah wa Barakatuh


Malang, 13 April 2011

Dekan,



Drs. KH. Chamzawi, M.HI
NIP. 19510808 198403 1 001


Demikian tiga contoh kata pengantar buku yang admin dapat bagikan bagi para pembaca tipsserbaserbi. Semoga dapat menginspirasi untuk membuat kata pengantar buku yang lebih baik dan berkualitas. Baca pula contoh kata pengantar makalah terbaru.
.
.