8 Penyakit Langka dan Aneh di Dunia

Ada 8 penyakit langka dan aneh di dunia yang kami lansir dari berbagai sumber. Penyakit ini langka dan aneh karena sangat jarang terjadi dan orang lain yang melihatnya bisa bergidik atau bisa jadi merinding. Semoga penderitanya dianugerahi kesabaran dan kesembuhan. Kita pun berdoa agar Allah SWT menghindarkan dan menjauhkan kita dari penyakit seperti ini. Amiin. Kedelapan penyakit tersebut dirinci berikut ini.

1. Hipertrikosis
Ternyata bukan cuma di film-film, di dunia nyata juga ada manusia yang tubuhnya nampak berbulu nampak seperti serigala. Penyakit bernama hipertrikosis ini adalah kondisi pertumbuhan rambut yang berlebihan, baik di seluruh bagian tubuh maupun di bagian tubuh tertentu. Kelainan ini juga biasa dikenal dengan sebutan Werewolf Syndrome, sebab dalam kasus yang cukup parah, penampilan penderita penyakit ini akan menyerupai manusia serigala atau werewolf.

Progeria
8 Penyakit Langka dan Aneh di Dunia
Hipertrikosis
2. Progeria
Nama lain dari penyakit ini dikenal dengan Hutchinson Gilford Syndrome, yakni penyakit langka yang terjadi karena adanya kelainan genetis progrefis pada anak-anak usia satu atau dua tahun. Umumnya, anak-anak yang terkena progeria terlihat normal saat lahir. Di tahun pertama anak terlihat tanda dan gejala berupa rontoknya rambut. Berdasarkan data statistiknya, anak-anak pengidap progeria kebanyakan meninggal sekitar umur 13 tahun, dan biasanya disebabkan oleh masalah jantung dan stroke. Namun, ada juga yang bertahan hidup 20 tahun lebih lama.

8 Penyakit Langka dan Aneh di Dunia
Lymphangioma hamartoma
3. Lymphangioma hamartoma
Seorang bocah di India mengidap penyakit ini. Penyakit lymphangioma hamartoma yang dideritanya terlihat dengan kondisi tangannya sungguh besar bahkan melebihi ukuran kepalanya. Lympangioma ini merupakan kondisi dari sistem limfatik yang menyebabkan peradangan ekstrim dan berakibat pada muncilnya pembengkakan di bagian tubuh tertentu. Sedangkan hemartoma adalah jenis tumor jinak dimana tubuh memproduksi jaringan yang berlebih.

Twin Parasitic
4. Twin Parasitic
Pada kasus kembar siam, salah satu janin bisa menjadi sangat kuat sedangkan janin yang lain ikut menempel pada janin yang kuat. Saat dilahirkan, janin yang lemah akan menempel pada janin yang kuat serta menyerap nutrisinya, inilah kenapa disebut parasit.

Argyria
5. Argyria
Penyakit argyria ini terjadi akibat terlalu lama terpapar atau masuknya perak ke dalam tubuh. Kondisi ini paling sering terlihat pada pekerja yang terlibat dalam pertambangan perak, pemurnian atau manufaktur. Lingkungan kerja seperti itu menyebabkan kondisi kulit berwarna kebiruan. Kondisi ini sangat langka dan biasanya tidak menimbulkan gejala lain.

8 Penyakit Langka dan Aneh di Dunia
Epidermodysplasia Verruciformis
6. Epidermodysplasia Verruciformis
Ada seorang warga negara Indonesia yang mengidap penyakit ini hingga orang menamainya dengan manusia pohon. Dia mengidap penyakit Epidermodysplasia Verruciformis yang membuat kulitnya mengeras seperti kulit pohon. Penyakit ini disebabkan oleh virus HPV yang berkembang biak secara ekstrim pada tubuh seseorang.

Cutis verticis gyrata
7. Cutis verticis gyrata
Penyakit ini merupakan suatu kondisi medis yang berhubungan dengan kulit kepala. Kondisi cutis verticis gyrata pertama kali dijelaskan pada tahun 1837 oleh Alibert. Para penderita penyakit ini menunjukkan lipatan-lipatan pada kulit kepalanya sehingga nampak seperti melihat bentuk otak tapi dari luar.

Blaschko's Lines
8. Blaschko's Lines
Penderita penyakit Balschko’s lines ini akan mengalami garis-garis aneh di sekujur tubuh, dan tak bisa dihilangkan. Biasanya garis-garis tersebut akan muncul di bagian perut, dada dan leher. Namun sayangnya, penyakit ini masih dicari obatnya dan sampai sekarang belum belum ditemukan obatnya.

Itulah 8 penyakit langkah dan aneh di dunia. Daftar diatas tidak diurut berdasarkan kelangkaan dan keanehannya karena di setiap sumber yang memberitakannya juga memiliki urutan yang berbeda-beda.